Andi Widjajanto Terima Memorandum Gubernur Lemhannas RI

Indonesiaseharusnya.com – Jakarta, Andi Widjajanto menghadiri Penyerahan Memorandum Gubernur Lemhannas RI di Ruang Nusantara II, Gedung Trigatra Lemhannas RI (21/02). Memorandum Akhir Jabatan Gubernur Lemhannas RI Periode 2016–2022 ini diserahkan dari PLT Gubernur Lemhannas RI, Marsdya TNI Wieko Syofyan kepada pejabat gubernur baru, yaitu Andi Widjajanto.

Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur ke-17 Lemhannas RI menggantikan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Istana Negara, Jakarta pada Senin (21/02).

Langkah yang akan dilakukan oleh Gubernur Lemhannas RI, Andi Widjajanto adalah melakukan transformasi Lemhannas RI. Harapannya yang dilakukan Lemhannas semakin relevan dengan tantangan yang dihadapi Indonesia menuju 2045. “Transformasi yang perlu dilakukan adalah meningkatkan benchmark, sehingga sasaran pencapaian Lemhannas RI akan jauh lebih tinggi,” kata Andi.

Andi Widjajanto menyampaikan arahan Presiden terkait pengembangan Lemhannas RI, antara lain dalam aspek Kajian Strategis, Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional, Ketahanan Pangan, juga Kajian Ibu Kota Negara.

“Presiden meminta tetap melanjutkan program yang telah rutin diadakan oleh Lemhannas RI, seperti pendidikan pimpinan tingkat nasional, pemantapan nilai-nilai kebangsaaan, pengkajian strategis, serta Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional,” kata Andi.

“Presiden meminta Lemhannas dapat melakukan terobosan metodologi, sehingga yang kita lakukan sesuai dengan perkembangan terkini, terutama metodologi,” lanjut Andi.

Pada aspek kajian strategis, Lemhannas RI harus dapat menyajikan kajian yang sesuai dengan kebutuhan Presiden RI. “Kajian Lemhannas RI user-nya tunggal yaitu Presiden RI. Untuk itu, Lemhannas RI perlu membuat kajian yang menyesuaikan dengan kebutuhan Presiden,” tutur Andi.

Pada aspek Pendidikan, Lemhannas RI diharapkan dapat memberikan pendidikan dengan kualitas global. “Kita harus mencari benchmark di tingkat global untuk institusi yang serupa kita, yang tujuannya untuk mencetak pemimpin nasional,” kata Andi. Jangan sampai apa yang dilakukan hari ini sama seperti tahun 2000-an tanpa melihat kemajuan di bidang pedagogi pendidikan.

Wakil Gubernur Lemhannas RI, Marsdya TNI Wieko Syofyan mewakili keluarga besar Lemhannas RI mengucapkan selamat atas pelantikan gubernur yang baru. “Selamat atas pelantikan Bapak Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lmehannas RI. Kami percaya, di bawah kepemimpinan Bapak Andi Widjajanto, Lemhannas RI dapat menjadi lembaga pemerintahan yang lebih baik dalam mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh,” kata Marsdya TNI Wieko Syofyan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Andi Widjajanto menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap pegawai Lemhannas RI yang telah mengawal Lemhannas RI dengan baik. “Terima kasih kepada Bapak Ibu yang menjalankan kerja keras- kerja berat yang Bapak dan Ibu lakukan dari 2016 sehingga 2022, sehingga relative memudahkan pekerjaan saya sebagai Gubernur Lemhannas untuk bergerak ke depan. Semoga Tuhan YME selalu menyertai kerja kita di Lemhannas RI,” tutup Andi.

Penyerahan Memorandum Gubernur Lemhannas RI dilaksanakan secara hybrid, dengan dihadiri secara luring oleh Wakil Gubernur, Sekretaris Utama, Wakil Koordinator Tajar, Taji, dan Taprof, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, serta Para Kepala Biro. Sementara para pejabat dan pegawai Lemhannas RI lainnya hadir secara daring.

Andi Widjajanto dilantik sebagai Gubernur Lemhannas RI berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 21/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Andi dikenal sebagai akademisi dan pengamat pertahanan. Ia pernah mengenyam pendidikan Universitas Indonesia (UI), School of Oriental and African Studies (SOAS), London School of Economics and Political Science (LSE), National Defense University di Washington D.C., dan S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura.

Narahubung: Endah (081316072186) / Maulida (082229125536)

Biro Humas Lemhannas RI
Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110
Telp. 021-3832108/09
http://www.lemhannas.go.id
Instagram : @lemhannas_ri
Facebook : lembagaketahanannasionalri
Twitter : @LemhannasRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.