Keterangan Pers Presiden RI Sebelum Keberangkatan ke Belgia, di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, 13 Desember 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel di Belgia, dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU [European Union/Uni Eropa] dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa.

Kita tahu hubungan perdagangan antara ASEAN dan Uni Eropa pada tahun 2021 sebesar 268,9 miliar US Dollar. Ini adalah yang ketiga terbesar setelah RRT dan Amerika Serikat.

Dan juga foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar US Dollar di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT [Republik Rakyat Tiongkok]. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa.

Juga tentu saja negara kita, Indonesia, ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU, dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat.

Saya dan delegasi juga hanya kurang dari 24 jam di Belgia setelah itu langsung pulang kembali ke tanah air.

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

#Jokowi#Transkrip Pidato

Link Source: https://setkab.go.id/keterangan-pers-presiden-ri-sebelum-keberangkatan-menuju-ke-belgia-di-bandar-udara-internasional-soekarno-hatta-13-desember-2022/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *